Senin, 25 Mei 2015

Macam-Macam Sensor Cahaya


Sensor cahaya adalah sensor yang membuat kita dapat melakukan pendeteksian cahaya, trus melakukan perubahan terhadapnya menjadi sinyal listrik & dipakai dalam sebuah rangkaian yg meamakai cahaya sbg pemicunya. Bebebrapa komponen yg biasanya digunakan dalam sebuah rangkaian dalam rangkaian sensor cahaya dianataranya Light Dependent Resistor / LDR, Photodiode / dioda foto, dan Photo Transistor / Foto Transistor. Untuk lebih jelasnya mengenai cara atw prinsip kerjanya, masri kita simak penjelasanny berikut ini.


1. LDR (Light Dependent Resistor)


LDR/Photoresistor pd dasarnya merupakan suatu resisitor/tahanan yang memiliki nilai resistensi/hambatan bergantung pada intensitas/banyak-sedikitny cahaya yg jatuh dipermukaan sensor tersebut.

Cara kerja LDR adalah pada malam hari karena tidak terkena cahaya menyebabkan hambatannya membesar, sebaliknya hambatannya menjdi kecil ketika terkena cahaya pada siang hari. LDR pada umumnya berkombinasi degan sejumlah transistor hingga membentuk rangkaian saklar lampu otomatis spt 007 buat untuk pribadi. Sangatlah beruntung bagi kita karena untk membaca nilai dari hambatan pada LDR ini tidak memiliki batas khusus terhadap intesitas cahaya. Namun, hal ini yang menjadi kekurangan dari LDR, karena tidak ada batas intensitas cahayanya (trang/gelapnya) maka lampu yang diuji cobakan akan menjadi kelap-kelip / flicker.




2. Photodiode (Dioda Foto)

Photodiade/dioda foto adalah semcam komponen dioda yang berfungsi sebagai pendeteksi cahaya. Sama juga dengan jenis dioda lainnya 007, emang dioda punya banyak jenis y?  Ya punyalah sob, ada yg berfungsi penyearah arus dll. Tapi sob 007 tidak akan membahas itu, sorry ya sob. komponen jenis ini juga punya P-N, bedanya cuma lebih dibuat untuk sensitif terhadap cahaya. Dioda foto ini dipengaruhi jenis-jenis cahaya tertentu misalnya sinar x, cahaya matahari, infra-red, bahakan ultra violet. Fungsi dari dioda ini juga juga bermacam-macam. Contohnya bisa kita gunakan untuk mengatur cahaya suatu kamera digital, sensor pd alat-alat medis, bisa juga untuk menghitung secara otomatis jumlah kendaraan yang lewat di suatu jalan.





3. Photo Transistor 
Photo transistor bila kita diartikan secara sederhana yaitu komponen jenis transistor bipolar yang memakai junction / kotak base collect sebagai permukaan agar dapat menerima cahaya, dg demikian maka komponen ini mempunyai kelebihan dalam hal sensitifitas jika dibanding dgn dioda foto. Itu dikarenakan kpada photo transistor, elektronnya adalah hasil dari foton cahaya dikaki kotak yang peng-injeksiannya kebagian base transistor dan selanjutnya diperkuatn pada kolektronnya yaitu kaki C. Namun hal ini juga menimbulkan kekurangan, yaitu tanggapan terhadap cahaya menjadi lebih lambat bila dibandingkan dg dioda foto. 








Yap dengan segenap ulasan tadi, dapat kita simpulkan :

1. LDR 
- Kelebihan : sangat mudah dioperasikan & dipelajari bagi elektro pemula karena cara kerjanya yang mudah dan simple
- Kekurangan : Tidak adanya ambang batas cahaya, sehingga sensifitasnya tidak mudah diketahui 

2. DIODA FOTO
- Kelebihan :  Multiguna, karena bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai macam cahaya, bisa digunakan mengatur cahaya suatu kamera digital & bisa menghitung kendaraan yang lewat secara otomatis
- Kelemahan : Harganya lebih mahal

3. FOTO TRANSISTOR
- Kelebihan : lebih sensitif terhadap cahaya, sehingga perubahan intensitas cahaya sedikit saja sangat berpengaruh
- Kekurangan : reaksi terhadap cahya lebih lambat daripada dioda foto



Lengkap sudah pembahasan mengenai "Macam-Macam Sensor Cahaya" emang sih sensor cahaya yg laen masih banyak & lebih detail tentunya di blog papan atas. Yap terima kasih guys. smoga berguna artikel ini bagi kalian. Selamat mencoba





jgn lupa ya share, komen, dan likenya
Jgn lupa gan bonusnya menarik lo







Tidak ada komentar:

Posting Komentar