Kamis, 29 Januari 2015

Perangkat Keras Internet Beserta Penjelasannya

Hai sobat 007, apa kabar? Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat2 aja. Nah, pasti kalian tau yang namanya internet, kalian bisa mengaksesnya dengan mudah bukan? Tapi apakah kalian tau perangkat apa saja yang dibutuhkan dalam mengakses internet? Nah, 007 sendiri akan membahas tentang Perangkat Keras Internet Beserta Penjelasannya. Nah apa sajakah itu? Mari kita simak saja.

Sebelumnya, apa itu perangkat keras? Perangkat keras (hardware) adalah suatu alat yang untuk mendukung proses tertentu yang bisa dilihat secara kasat mata. Contoh perangkat keras yaitu, laptop, flash disk, mouse, keyboard, speaker dll

Nah berikut macam-macam Perangkat Keras Internet/Perangkat Keras yg Digunakan Untuk Mengakses Internet Beserta Penjelasannya.

A.  PERANGKAT KERAS UTAMA
1.   Komputer/Laptop
Komputer digunakan untuk memproses suatu data yang ada di internet. Komputer merupakan alat keluaran utama (secara global) untuk mengakses intrenet. Singkatnya kalo kita punya modem, wifi, atau LAN sekalipun kalau ngga ada computer atau sejenisnya, apa yg dilihat?

Spesifikasi minimal PC (Personal Computer) atau laptop agar bisa digunakkan untuk mengakses internet, juga hal-hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet di computer adalah :
a.   Processor Pentium III 500 MHz
b.   Ram 64 MB
c.   Hardisk 10 GB
d.   VGA card 4MB
e.   Monitor CRT SVGA
f.    Adanya Ethernet Card (kartu Ethernet)
g.   Kecepatan hardisk

2.   Modem
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator
a.    Modulator      : merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi (jadi)àsinyal pembawa (carrier) yang siap dikirimkan
b.    Demodulator : merupakan bagian yang memisahkan sinyal informasi yang berupa pesan/informasi dari sinyal pembawa yang diterima. Sehingga informasi tsb dapat diterima dengan baik

Cara Kerja Modem
Sobat 007 carakerja modem yaitu data (sinyal digital) dari komputer (diberikan)à modem (untuk diubah menjadi sinyal analog)àmodem mengubahnya kembali ke sinyal digital agar bisa diproses lebih lanjut oleh komputer. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi seinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

Jenis-Jenis Modem
a.   Berdasarkan letaknya
1)  Modem eksternal : modem yang ditempatkan di luar perangkat utama CPU. Modem ini terpisah dari PC dan dihubungkan melalui kabel LAN atau kabel USB, tergantung tipe modemnya. Keuntungan dari modem ini yaitu kecepatan akses intentenya lebih tinggi daripada modem internal, namun itu juga bergantung pada sinyal yang diterima modem dari BTS, bandwith yang ditawarkan oleh ISP itu sendiri. Ya ngga sobat?

2)  Modem internal : modem yang dipsang di dalam CPU komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard. Rata-ratakecepatan modem ini  ntuk melakukan download adalah 56 Kbps, namun keuntungan dari modem ini salah satunya mudah dipasang.

b.   Berdasarkan cara koneksi dengan ISP (Internet Service Provider)
Tapi apakah ISP itu? ISP adalah sebuah instansi yang menyediakan layanan akses internet.
Ada dua cara, yaitu :
1)  Modem wireline atau wired : merupakan modem yang menggunakan media kabel dalam berkoneksi dengan ISP.
2)  Modem wirless : merupakan modem yang menggunakan media gelombang radio/gelombang elektronik untuk berkoneksi dengan ISP (tanpa kabel/nirkabel).

c.   Berdasarkan ISP yang digunakan
1)  Modem ADSL (Asymetric Digital Subcribe Line)


2)  Modem DSL (Digital Subcribe Line)
3)  Modem CDMA (Code Division Multiple Access) : Smartfren
4)  Modem GSM (Global System for Mobile Communication) : Modem 3 (Three)
5)  Modem Dial up
6)  Modem Kabel merupakan perangkat keras yang menyambungkan PC dengan     sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel dapat dipakai dengan kecepatan max 27M Mbps (downstream) dan 2,5 Mbps. Tapi sobat 007, tentu saja komputer untuk mengakses internet melalui TV kabel haruslah dipasang kartu ethernet card.

Singkatnya modem merupakan sebuah alat/media untuk mengakses internet


3.      Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan



Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu inernal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada computer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk.

4.      Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet

Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecuali seperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair
maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair,ataupun dengan kabel fiber optik.

A.  PERANGKAT KERAS PENDUKUNG
Perangkat keras pendukung diperlukan apabila seseorang akan membentuk jaringan. Jaringan biasanya diperlukan oleh badan/instansi, perusahaan bahkan warnet sekalipun. Berikut ini beberapa hardware-nya :
1.   Hub/Konsentrator


Hub (dibaca hab(maaf aja, bukan bermaksud sombong ya sobat)) merupakan perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dengan perangkat jaringan/non-jaringan lainnya dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain . Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju.

Ciri-ciri yang dimiliki Konsentrator/hub adalah :
a.   Biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45
b.   Digunakan pada topologi Bintang/Star
c.   Biasanya di jual dengan aplikasi khusus yaitu aplikasi yang mengatur
d.   manjemen port tersebut.
e.   Biasanya disebut hub
f.    Biasanya di pasang pada rak khusus, yang didalamnya ada Bridges, router

Fungsi lain hub :
a.   membagi sinyal data dari LAN card
b.   penguat sinyal jaringan
c.   Penghubung kabel dari komputer server ke komputer client
d.   Memungkinkan jarak komputer yang dihubungkan oleh kabel jaringan menjadi lebih jauh.
dsds
2.   Switch

Sebenarnya swicth dan hub adalah perangkat yang sama, namun terdapat sedikit perbedaannya. Lebih tepatnya sih…….. Serupa tapi tak sama, iya ga sob. Berikut perbedannya Alat ini biasanya kita jumpai pada warnet-warnet di sekitar lingkungan sobat 007.

NO
HUB
SWICTH
1
Kecepatan bisa sampai 10 Mbps
Kecepatan bisa sampai 10 atau 100 Mbps
2
Sering terjadi collision (tabrakan data)
Tidak terjadi collision
3
Satu jalur dipakai bersamaan
Banyak jalur yang bisa dipakai
4
Half duplex     
Full duplex
5
(Keamanan) Tidak aman       
Aman
6
Susah dicari barangnya
Gampang dicari


3.   Repeater



Repeater adalah suatu perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan yang asli. SIngkatnya sih sobat 007 yang terhormat repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal yang dikirim sama dengan sinyal aslinya





4.   Bridge
Mungkin sobat 007 sudah tau artinya dengan melihat kata bridge yang berarti jembatan. Yap, benar sekali, prinsip dari bridge sama persis dengan prinsip jembatan. Bridge merupakan suatu komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Bridge adalah sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan kedalam dua buah jaringan, ini digunakan untuk mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan untuk itu. Kebanyakan Bridges dapat mengetahui masing-masing alamat dari tiap-tiap segmen komputer pada jaringan sebelahnya dan juga pada jaringan yang lain di sebelahnya pula. Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang  mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur.
Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda miripkan sama jembatan? Seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair(UTP) dengan kabel serat optik atau 2 buah arsitektur jaringan yang berbeda, seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet.

5.   Router


Router berfungsi sebagai pengubung antardua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan swicth. Swicth merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi router dan swicth, ibaratnya swicth merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Oh ya sobat fungsi lain dari router yaitu berfungsi untuk mengatur aliran data dari satu LAN/jaringan ke LAN/jaringan lain sehingga arus data dari setia[ jaringn tidak bercampur.
Gimana sob? Agak membingungkan sih. Kalo menurut saya, malah router itu lebih mirip sama bridge, jadi gimana tuh?
Ok, sekilas fungsi router dan bridge hampir sama, namun kedua alat ini serupa tapi tak sama. Nah berikut  penjelasan lengkapnya
Sebuah Router mengartikan informasi dari satu jaringan ke jaringan yang lain, dia hampir sama dengan Bridge namun agak pintar sedikit, router akan  mencari jalur yang terbaik untuk mengirimkan sebuah pesan yang berdasakan atas alamat tujuan dan alamat asal.

Sementara Bridges dapat mengetahui alamat masing-masing komputer di masing-masing sisi jaringan, router mengetahui alamat komputerr, bridges dan router lainnya. router dapat mengetahui keseluruhan jaringan melihat sisi mana yang paling sibuk dan dia bisa menarik data dari sisi yang sibuk tersebut sampai sisi tersebut bersih.
Jika sebuah perusahaan mempunyai LAN dan menginginkan terkoneksi ke Internet, mereka harus membeli router. Ini berarti sebuah router dapat menterjemahkan informasi diantara LAN anda dan Internet. ini juga berarti mencarikan alternatif jalur yang terbaik untuk mengirimkan data melewati internet.
Ini berarti Router itu :
a. Mengatur jalur sinyal secara effisien
b. Mengatur Pesan diantara dua buah protocol
c. Mengatur Pesan diantara topologi jaringan linear Bus dan Bintang(star)
d. Mengatur Pesan diantara melewati Kabel Fiber optic, kabel koaaksialm atau kabel twisted pair 

Jadi udah ngerti kan bagaimana router dan bridge? Pastinya, sobat 007 harus ngerti dong.


Nah dengan penjelasan mengenai perbedaan router dan bridge, berakhir juga postingan blog 007. Kalau saya ada yang salah tolong beritahukan saya beserta solusinya. Kita juga sama-sama belajar toh, jangan lupa share atau like atau komen ya gan…. Semoga berguna….. bye……… selamat bertemu lagi di posting berikutnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar